Cara Mengatasi Kejahatan Internet dengan Tepat

Cara Mengatasi Kejahatan Internet - Saat ini penggunaan internet seperti sebuah kebutuhan pokok. Apapun yang dilakukan setiap harinya tak jauh dari internet. Semua terhubung dengan layanan internet melalui sebuah handphone.

Mungkin dulu agak sulit bagi kita untuk mengakses internet tersebut maupun mencari pengetahuan dengan simple dan mudah, chating beramai-ramai dalam satu grup tanpa harus bertatap muka. Semua itu dengan mudah dilakukan saat ini.

Ingin berbelanja pun tak perlu lagi harus keluar rumah. Cukup duduk, hidupkan smartphone atau laptop, koneksikan ke jaringan internet maka orderan pun langsung datang ke tempat kita. Sangat mudah dan begitu nyaman.

Baca Juga:
Tips Mempercepat Koneksi Wifi Menggunakan CMD

Namun dibalik semua kemudahan tersebut ternyata internet menyimpan segudang kejahatan yang setiap waktu mengintai. Pencurian data, peretasan situs, cracker dan sebagainya. Jika Anda atau saya tidak memiliki inisiatif untuk mencegahnya maka tentu akan terkena imbasnya.

Selama ini pun saya lebih memilih menggunakan aplikasi tambahah berupa VPN. Banyak aplikasi VPN Indonesia yang bisa diinstal meski tidak semuanya harus diinstal. Jadi, disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Dengan VPN menjadi solusi umum yang bisa dilakukan saat bertransaksi online. Namun, disini saya akan memberikan cara yang bisa Anda lakukan saat kejahatan internet sedang Anda alami. Selain menggunakan VPN, ada juga penyelesaian yang dilakukan sesuai dengan cyber crime yang dialami.

Berikut adalah cara mengatasi kejahatan internet dengan tepat dan benar
Cara Mengatasi Kejahatan Internet dengan Tepat

1. Bom Mail
Pengiriman bom mail ke sebuah e-mail address, biasanya dimulai oleh sentimen pribadi si pemilik e-mail address (target) dengan cracker. Cracker mengirimkan e-mail sebanyak-banyaknya ke komputer target, sehingga sistem di komputer target down (hang-up) karena kepenuhan e-mail.

Cara penanggulangannya:

a. Konsultasi dengan ISP (Internet Service Provider)

b. Protes ke pengirim & ISP pengirim

c. Menaruh filtering software di mail server, untuk mencegah pengiriman e-mail oleh cracker yang sudah teridentifikasi.

Baca Juga:
Beragam Jenis Routerboard Mikrotik dan Spesifikasinya

2. Batu Loncatan Penyerangan
Sistem komputer dengan pengamanan lemah, tak jarang digunakan oleh cracker sebagai batu loncatan untuk menyerang target (komputer) lain, dengan maksud untuk lebih mengaburkan jejak si cracker .

Untuk itu, setiap penanggung jawab sistim komputer, sebenarnya tidak hanya bertanggung jawab terhadap sistimnya sendiri, tapi juga bertanggung jawab terhadap jaringan lain, baik yang terdekat maupun jaringan yang relatif jauh dari jaringan Internet wilayahnya. Sebagai langkah preventif, penerapan sistim deteksi penerobosan merupakan suatu hal yang sangat disarankan.

Anda bisa mencegah kejahatan internet sesuai dengan tindakan yang ada. Selain itu, kerap menggunakan server VPN Idnonesia akan menjadikan aktivitas online Anda lebih aman dan terkendali.

Demikianlah artikel singkat mengenai Cara Mengatasi Kejahatan Internet dengan Tepat. Jika ada pertanyaan, silakan mengirimkannya melalui kontk komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Kejahatan Internet dengan Tepat"

Back To Top